Sabtu, 27 Februari 2021

Pembahasan Daring PPGDJ Modul 2 KB 2 : Strategi Peningkatan Profesionalisme Berkelanjutan


Tugas  :  M2 KB2 Strategi Peningkatan Profesionalisme Berkelanjutan

Salah satu bentuk strategi peningkatan profesionalisme berkelanjutan adalah guru melakukan penelitian tindakan kelas (PTK). Coba Ibu/Bapak identifikasi permasalahan yang ada di sekolah untuk selanjutnya di susun menjadi kerangka proposal PTK.

 Jawab :

a.    Judul :

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Penggunaan Aplikasi Geogebra Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika


 b.    Latar belakang masalah

Matematika merupakan ilmu yang mempunyai peranan penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Matematika menjadi alat bantu ilmu-ilmu lainnya, baik untuk kepentingan teoritis maupun aplikasi. Matematika mempunyai objek benda-benda yang bersifat abstrak, sehingga untuk memahaminya diperlukan kemampuan berpikir dan bernalar secara logis. Masing-masing siswa mempunyai strategi yang berbeda dalam belajar matematika, karena pada dasarnya seorang anak mempunyai keunikan tersendiri dalam cara berpikirnya. Selain itu juga diperlukan ketekunan dan semangat dari siswa untuk mempelajarinya sehingga wajar apabila sebagian siswa merasa kesulitan dalam mempelajari matematika. Setiap guru memahami bahwa tidak semua siswa dapat mempelajari apa-apa yang ingin dicapai oleh guru.

Mengingat adanya perbedaan-perbedaan tersebut, maka menyamaratakan (menganggap sama) semua siswa ketika guru mengajar secara klasikal pada hakikatnya kurang sesuai dengan prinsip individualitas ini. Setidak-tidaknya guru harus menyadari bahwa setiap individu siswa memiliki perbedaan. Guru hendaknya menyadari dan memakluminya apabila ada siswa yang cepat menerima dan memahami pelajaran yang diberikannya atau bahkan sebaliknya ada yang lemah atau lambat dalam menerima pelajaran yang tidak cukup dengan sekali dijelaskan, yang akhirnya memerlukan bimbingan khusus.

Siswa terkadang lebih suka dengan program/ aplikasi dalam pemecahan masalah  sehingga mereka bisa menemukan solusi nya. Salah satu materi yang bisa di aplikasikan dalam kehidupan sehari – hari dan penyelesaiannya bisa menggunakan aplikasi adalah materi program linear. Pada materi program linear terkadang bingung dalam mencari daerah penyelesaian, nilai maksimum dan minimum serta sulit membedakan antara > atau < pada grafik. Dengan pembelajaran problem based learning maka di harapkan siswa aktif mencari solusi untuk masalah – masalah terstruktur atau tidak terstruktur yang terletak di dunia nyata. Integrasi dari metode ini dengan teknologi adalah banyaknya aplikasi komputer yang menyediakan dan mendukung dalam pemecahan masalah ini pada materi program linear salah satunya adalah aplikasi GeoGebra.


c.    Rumusan Masalah

Penelitian ini berdasarkan permasalahan:

  1. Bagaimana tingkat penguasaan materi program linear

 2.Bagaimana pengaruh model pembelajaran Problem based learning pada materi program linear yang telah dipelajari siswa

 3.Bagaimana peningkatan motivasi belajar setelah penggunaan aplikasi GeoGEbra


 d.    Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini adalah

1.Mengetahui tingkat penguasaan materi program linear

2.Mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem based learning pada materi pelajaran matematika yang telah dipelajari siswa

3.Mengetahui peningkatan motivasi belajar setelah penggunaan aplikasi GeoGEbra


Materi Modul 2 KB2 Strategi Peningkatan Profesionalisme 

Berkelanjutan Download

NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post