Senin, 22 Februari 2021

BAHAN AJAR : Konsep dan Operasi Hitung Matriks

KONSEP DAN OPERASI HITUNG MATRIKS


Kompetensi inti:

3.    Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

 Kompetensi Dasar :

3.3.  Menjelaskan matriks dan kesamaan matriks dengan menggunakan masalah kontekstual dan melakukan operasi pada matriks meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian skalar, dan perkalian, serta transpos

4.3.  Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan matriks dan operasinya

BAB I.  PENDAHULUAN

A. Deskripsi

Dalam modul ini Anda akan mempelajari Konsep dan operasi hitung matriks  serta menyelesaikan masalah konstektual yang berkaitan dengan matriks dan operasinya.

B. Prasyarat 

Untuk mempelajari modul ini, para siswa diharapkan telah menguasai dasar-dasar penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan real.

C. Petunjuk Penggunaan Modul

Untuk mempelajari modul ini, hal-hal yang perlu Anda lakukan adalah sebagai berikut:

1. Untuk mempelajari modul ini haruslah berurutan, karena materi yang mendahului merupakan prasyarat untuk mempelajari materi berikutnya.

2. Pahamilah contoh-contoh soal yang ada, dan kerjakanlah semua soal latihan yang ada. Jika dalam mengerjakan soal Anda menemui kesulitan, kembalilah mempelajari materi yang terkait.

3. Kerjakanlah soal evaluasi dengan cermat. Jika Anda menemui kesulitan dalam mengerjakan soal evaluasi, kembalilah mempelajari materi yang terkait.

4. Jika Anda mempunyai kesulitan yang tidak dapat Anda pecahkan, catatlah,  kemudian tanyakan kepada guru pada saat kegiatan tatap muka atau bacalah referensi lain yang berhubungan dengan materi modul ini. Dengan membaca referensi lain, Anda juga akan mendapatkan pengetahuan tambahan.

D. Tujuan Akhir 

1.    Peserta didik dapat mengidentifikasi unsur-unsur matriks

2.    Peserta didik dapat mengidentifikasi jenis-jenis matriks

3.    Peserta didik dapat memberikan contoh matriks dengan kriteria tertentu

4.    Peserta didik dapat menentukan elemen tertentu dari kesamaan dua matriks

5.    Peserta didik dapat menentukan transpos suatu matriks

6.    Peserta didik dapat menentukan hasil operasi penjumlahan pada matriks

7.    Peserta didik dapat menentukan hasil operasi pengurangan pada matriks

8.    Peserta didik dapat menentukan hasil operasi perkalian skalar dengan matriks

9.    Peserta didik dapat menentukan hasil operasi perkalian dua matriks

10.Peserta didik dapatmMenggunakan sifat matriks transpos untuk menentukan hasil operasi matriks

11.Peserta didik dapat menentukan elemen tertentu dari kesamaan matriks yang memuat operasi hitung campuran

12.Peserta didik dapat menentukan hasil operasi hitung campuran pada matriks

13.Peserta didik dapat mengubah data dari suatu informasi ke dalam bentuk matriks

14.Peserta didik dapat menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan operasi matriks

15.Peserta didik dapat mencari masalah kontekstual terkait operasi matriks lalu menyelesaikannya

BAB  II  PEMBELAJARAN

A.  PENGERTIAN MATRIKS DAN JENIS – JENISNYA

Konsep matriks mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari misalkan barisan rapi anak paskibra, kumpulan penari Ratoh Jaroh, susunan minuman pada lemari pendingin, dan tataan sepatu pada raknya. Dalam militer ternyata matriks juga dibutuhkan fungsinya, di dalam dunia spionase dan militer pesan-pesan yang dikirim seing kali ditulis dengan menggunakan kode-kode rahasia. Hanya penerima yang sebenarnya yang memiliki kuncinya sehingga dapat membuka kode tersebut. Kode atau tulisan rahasia tersebut disebut kriptogram Semakin sulit kriptogramnya maka semakin disukai oleh si pengguna. Pemakaian bilangan pengganti abjad sering dijumpai dalam kriptografi salah satu penggunaannya adalah dalam bentuk matriks. Mengapa matriks? Matriks memiliki operasi perkalian yang melibatkan beberapa elemennya sekaligus sehingga penyidikan kode yang berbentuk kode matriks sulit dilakukan.  

Jadi apa itu matriks? Mari kita simak penjelasannya sebagai berikut!

Perhatikan Tabel 1!

Jika judul baris dan judul kolom pada tabel tsb diabaikan, maka tersusun bentuk persegipanjang dari bilangan-bilangan dengan tujuh baris dan empat kolom seperti berikut.

Definisi 1 Definisi matriks

Suatu matriks adalah susunan beberapa bilangan yang berbentuk persegipanjang. Bilangan- bilangan yang tersusun tsb disebut elemen (entry) dari matriks.

Matriks dapat disajikan dengan tanda kurung siku [ ] atau tanda kurung biasa ( ) dan dinotasikan dalam huruf kapital, sedangkan elemen matriks dinotasikan dengan huruf kecil. Elemen matriks ditentukan oleh baris ke-i dan kolom ke-j dari suatu matriks. Ukuran suatu matriks, disebut ordo, ditentukan dari banyaknya baris dan banyaknya kolom. Sebuah matriks dilambangkan dengan huruf kapital sesperti A, B, C, dan seterusnya.

 Bentuk umum dari suatu matriks A yang berordo mxn dapat ditulis sebagai berikut :

Keterangan:

a.    Matriks A berordo mxn dan di tulis Amxn

b.    Elemen matriks A pada baris ke –i dan kolom ke-j ditulis aij

c.   Semua elemen pada matriks persegi yang diarsir yaitu a11,a22 , ...,ann disebut diagonal utama dari matriks A. Jumlah semua elemen pada diagonal utama yaitu a11+a22+ ... + ann disebut dengan trace (jejak) dari 𝐴, dinotasikan 𝑡𝑟(𝐴). Trace dari 𝐴 tidak didefinisikan apabila 𝐴 bukan matriks persegi.


Penjelasan, Contoh serta Latihan Soal Selengkapnya Bisa Unduh di : Download






NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post