Modul 1 KB 1 : Karakteristik Guru dan Siswa Abad 21
Kompetensi Pedagogik

Dalam bagian materi sebagaimana yang telah Anda baca dan pahami, beberapa materi pokok yang meliputi diskripsi dan analisis tentang karakter utama masyarakat abad 21 dan berbagai konsekuensi perkembangannya. Sederet pertanyaan kemudian bisa diajukan terkait dengan perubahan moda pembelajaran pada lembaga pendidikan, bagaimana konsekuensinya terhadap karakteristik guru abad 21?, dan bagaimana pula konsekuensinya terhadap karakteristik siswa?. Oleh karena itu, silahkan Anda merenungkan perkembangan baru abad 21 yang telah memasuki era digital, dan kemudian buatlah analisis singkat tentang implikasinya terhadap proses pembelajaran pada masing-masing lembaga sekolah Anda. Kemudian silakan membuat analisis tentang konsekuensi perkembangan pembelajaran baru abad 21 tersebut bagi profesi Anda sebagai guru menghadapi tantangan pembelajaran era digital yang berangkat dari situasi dan kondisi riil pada lembaga sekolah Anda. Tipologi atau profil guru ideal seperti apa menurut Anda guru yang sesuai dengan karakteristik guru abad 21? Akhirnya silakan adakan analisis ringkas tentang karakteristik siswa abad 21 yang berangkat dari kondisi riil yang Anda hadapi sehari pada sekolah Anda.
JAWAB
:
Abad 21 di tandai oleh
arus globalisasi yang membuat segala sesuatu akan menjadi mendunia.
Perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat menyebabkan setiap orang
yang mempunyai akses informasi dan mengetahui apa yang terjadi di dunia lain.
Abad 21 ini berimplikasi terhadap karakteristik guru oleh karena itu guru perlu
mentransformasikan diri, baik secara teknik maupun sosio-kultural.
Karakteristik guru pada abad 21 antara lain : guru harus mampu memanfaatkan
teknologi digital, guru sebagai fasilitator, motivator juga inspirator, meningkatkan
minat baca, memiliki kemampuan menulis, harus kreatif dan inovatif juga mampu
melakukan transformasi kultural. Guru zaman now bukan hanya mampu menggunakan
komputer tetapi juga teknologi digital dan internet namun masih ada guru yang
belum mengerti dalam penggunaan komputer. Khususnya di daerah pedesaan tempat
saya mengajar masih ada guru yang belum mampu mengoperasikan komputer sehingga
perlu pembelajaran. Selain itu, karakteristik siswa di desa dengan di kota juga
berbeda misalnya dalam pembelajaran
dikelas seorang guru sebagai fasilitator sehingga diharapkan siswa aktif dan
berpikir kritis namun hanya beberapa siswa yang menjalankannya dan mempunyai
minat untuk belajar kadang juga ada tipe siswa yang ingin diterangkan sampai
mengerti dan jelas. Semakin berkembangkanya digital juga minat siswa untuk
membaca buku lebih rendah di banding dengan membaca status ataupun story di
sosmed, namun perlahan kamipun menasihati dan merubah dengan memberikan tugas
lewat online/internet sehingga teknologi juga bisa dijadikan sebagai buku dalam
pembelajaran namun tetap ada peran guru yang tidak bisa digantikan. Guru harus
meningkatkan minat baca agar bisa memberikan contoh dan motivasi kepasa siswa
selain itu untuk menambah pengetahuan dan wawasan sehingga bisa menaikkan
kredabilitas atau kewibawaan guru. Guru abad 21 harus kreatif dan inovatif
dalam mengembangkan metode belajar atau mencari pemecahan masalah-masalah
belajar, sehingga meningkatkan kualitas pembelajaran berbasis TIK di tengah
pesatnya perkembangan era teknologi digital selain itu bisa dilakukan dengan
outdoor atau permainan di luar kelas agar siswa tidak merasa jenuh dengan
pelajaran sehari-hari.
Mengkomunikasikan ide/gagasan secara efektif kepada siswa, orang tua, dan sejawat menggunakan aneka ragam format media digital. Selain itu Guru tidak hanya menguasai ilmu pengetahuan sebagai produk, tetapi terutama sebagai proses serta harus mengenal peserta didik dalam karakteristiknya sebagai pribadi yang sedang dalam proses perkembangan, baik cara pemikirannya, perkembangan sosial dan emosional, maupun perkembangan moralnya juga harus memahami pendidikan sebagai proses pembudayaan sehingga mampu memilih model belajar dan sistem evaluasi yang memungkinkan terjadinya proses sosialisasi berbagai kemampuan, nilai, sikap, dalam proses memperlajari berbagai disiplin ilmu.
Menurut saya tipologi
atau profil guru ideal yang sesuai dengan karakteristik guru abad 21 adalah:
1.
Mampu memfasilitasi dan menginspirasi belajar dan
kreatifitas siswa, misalnya:
- Mendorong, mendukung dan memodelkan penemuan dan pemikiran kreatif dan inovatif.
- Mendorong refleksi siswa menggunakan tool kolaboratif untuk menunjukan dan mengklarifikasi pemahaman, pemikiran, perencanaan konseptual dan proses kreatif siswa.
- Memodelkan konstruksi pengetahuan kolaboratif dengan cara melibatkan diri belajar dengan siswa, kolega, dan orang-orang lain baik melalui aktifitas tatap muka maupun melalui lingkungan virtual.
- Merancang atau mengadaptasi pengalaman belajar yang tepat yang mengintegrasikan tools dan sumber digital untuk mendorong belajar dan kreatifitas siswa.
- Mengembangkan lingkungan belajar yang kaya akan teknologi yang memungkinkan semua siswa merasa ingin tahu dan menjadi partisipan aktif dalam menyusun tujuan belajarnya, mengelola belajarnya sendiri dan mengukur perkembangan belajarnya sendiri.
- Menyediakan alat evaluasi formatif dan sumatif yang bervariasi sesuai dengan standar teknologi dan konten yang dapat memberikan informasi yang berguna bagi proses belajar siswa maupun pembelajaran secara umum.
- Menunjukkan kemahiran dalam sistem teknologi dan mentransfer pengetahuan ke teknologi dan situasi yang baru.
- Berkolaborasi dengan siswa, sejawat, dan komunitas menggunakan tool-tool dan sumber digital untuk mendorong keberhasilan dan inovasi siswa.
- Mengkomunikasikan ide/gagasan secara efektif kepada siswa, orang tua, dan sejawat menggunakan aneka ragam format media digital.
Selain
itu Guru tidak
hanya menguasai ilmu pengetahuan sebagai produk, tetapi terutama sebagai proses
serta harus mengenal peserta didik dalam karakteristiknya sebagai pribadi yang
sedang dalam proses perkembangan, baik cara pemikirannya, perkembangan sosial
dan emosional, maupun perkembangan moralnya juga harus memahami pendidikan
sebagai proses pembudayaan sehingga mampu memilih model belajar dan sistem
evaluasi yang memungkinkan terjadinya proses sosialisasi berbagai kemampuan,
nilai, sikap, dalam proses memperlajari berbagai disiplin ilmu.
Materi Modul 1 KB 1 Karakteristik Guru dan Siswa Abad 21 : Download
Soal dan jawaban di atas di peroleh dari pengalaman Penulis pada waktu melaksanakan PPG Dalam Jabatan Tahun 2018 Angkatan 1.